KOLESTEROL

Posted by Unknown Rabu, 24 April 2013 0 komentar


Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua binatang dan juga manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid.
Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Sebagai kolesterol baik, HDL bertugas mengambil kolesterol jahat serta fosolipida dari darah dan menyerahkan pada lipoprotein lain, untuk diangkut kembali ke hati. Kemudian lemak akan diedarkan kembali atau dikeluarkan dari tubuh. Inilah mengapa, kadar HDL tinggi justru dianggap baik.



Gambar arteri dalam tubuh manusia yang terdapat kolesterol

Di hati, reseptor LDL mengatur kolesterol darah. Jika LDL meningkat, sel-sel perusak menumpuk di dinding pembuluh darah dan membentuk plak, yang memperkecil diameter pembuluh darah. Plak yang bercampur dengan protein akan ditutupi oleh sel-sel otot dan kalsium dan dalam jangka waktu bertahun-tahun bisa terjadi atherosclerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah). Akibatnya, suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh terhambat. Jika dibiarkan, dapat mengakibatkan gangguan jantung, stroke, dan gangguan lain.
Kolesterold dalam darah manusia terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL ( kolesterol baik). LDL apabila terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol baik HDL dapat menyebabkan penempelan di dinding pembuluh darah.
Kolesterol yang berlebihan bisa menempel di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Inilah mengapa, kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Tabel klasifikasi LDL dan HDL



Dulu, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia bisa terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Namun sekarang, penelitian tahun 2004 di Indonesia menunjukkan bahwa 9,3% hiperkolesterolemia terjadi di usia muda yakni 25-34 tahun. Tidak mengherankan, National Heart, Lung and Blood Institute di Amerika Serikat menganjurkan untuk rutin memeriksa kadar kolesterol selewat usia 20 tahun. Tujuannya memperkirakan resiko terhadap penyakit jantung.
Seberapa sering kita perlu memeriksa kadar kolesterol? Berbeda untuk tiap orang, sesuai dengan kondisinya. Di usia dewasa (≥20 tahun), disarankan untuk melakukan pemeriksaan setidaknya 1 x dalam lima tahun, biasanya mencakup pemeriksaan kolesterol LDL, HDL, dan total kolesterol, serta dikombinasi dengan tes trigliserida. Ini sering disebut tes profil lipid (lemak).
Jumlah kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh juga akan mengakibatkan hiperkolesterolemia. Biasanya disebabkan oleh obesitas, alkoholisme, gangguan ginjal, gangguan hati, diabetes, diuretik, kortikosteroid, dan penyakit tiroid. Disamping itu, kolesterol tinggi pun mengundang dislipidemia, yaitu lemak dalam darah.

Penyakit Kolesterol


Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penebalan plak di lumen pembuluh darah, tapi juga mudah memicu kerusakan dinding pembuluh darah. Plak yang menempel pada dinding pembuluh darah itu berisi lemak dan komponen peradangan.

Plak yang semakin menebal pada dinding pembuluh darah akan semakin mempersempit lumen pembuluh darah. Plak yang berisi kolesterol ini bisa muncul di pembuluh darah mana saja. Namun yang paling berbahaya ialah jika plak tersebut berada di pembuluh darah jantung koroner dan pembuluh darah di otak. Sewaktu-waktu, plak ini bisa menutupi seluruh lumen pembuluh darah. Atau bisa juga plak tersebut pecah (ruptur) dan pecahnya terbawa oleh aliran darah ke organ lain, misalnya di jantung.
Jika ia terbawa hingga ke pembuluh darah jantung, maka dapat dibayangkan apa yang terjadi pada jantung tersebut. Pecahan plak akan langsung menyumbat aliran darah dan akibatnya jantung tidak dapat menerima darah. Kemudian tidak lama otot jantung akan mati. Keadaan inilah yang disebut sebagai heart attack.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah. Di banyak apotek maupun klinik, sekarang sudah tersedia alat pemeriksaan kolesterol yang sederhana, cepat dan mudah. Pemeriksaan kolesterol ini menggunakan metode dipstick yang mengambil sample darahnya dari pembuluh darah kapiler yang terletak di ujung jari tangan. Hanya dengan meletakkan beberapa tetes darah saja, kita bisa segera tahu berapa kadar kolesterol dalam darah.
Setelah melakukan pemeriksaan awal, ada baiknya Anda juga melakukan pemeriksaan kolesterol yang diambil dari darah vena. Cara ini tentu saja jauh lebih akurat karena selain kadar kolesterol total, kita juga bisa tahu berapa kadar HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). Kadar kolesterol total yang diharapkan adalah tidak lebih dari 200 mg/dL, dengan komposisi LDL < 150 mg dan HDL > 50 mg/dL.
Jika ternyata kadar kolesterol Anda melebihi normal, maka segera konsultasikan ke dokter. Hal penting yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola makan Anda sehari-hari.
Pernahkah kita berfikir bahwa kolesterol tinggi hanya menghinggapi mereka yang gemuk saja? Ternyata anggapan ini salah. Sebab kolesterol bukan hanya berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, namun sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Bahwa 80% kolesterol dihasilkan oleh hati. Jadi jangan lagi beranggapan bahwa orang kurus tidak bisa terkena penyakit kolesterol. Apalagi jika pola makan kita sehari-hari cenderung tidak baik, misalnya kurang makan serta yang berasal dari sayurann dan buah-buahan.
Sama halnya dnegan anggapan bahwa penyakit jantung hanya terjadi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih alias gemu ini adalah anggapan yang keliru. Penyakit jantung bisa terjadi karena banyak faktor penyebab penyakit jantung, antara lain adanya kolesterol yang tinggi di dalam darah. Dengan menjaga makanan yang kita konsumsi sehari-hari, kita bisa menjaga kesehatan tubuh serta membuat jantung kita bisa hidup lebih lama.

Tanda Kolesterol Tinggi
Penyebab utama kolesterol tinggi adalah makanan, obesitas dan kurang olahraga. Penyebab lainnya adalah diet tinggi lemak jenuh, kolesterol dan kalori berlebihan, sirosis, diabetes, penurunan fungsu kelenjar tiroid hiperaktivitas kelenjar pituitari, gagal ginjal, penyalahgunaan alkohol secara akut, pemakaian obat-obatan tertentu, dan faktir keturunan. Tanda kolesterol tinggi adalah timbul nodul lemak pada kulit (xanthoma) yang merupakan deposit dari penumpukkan kolesterol. Atau muncul xanthelasma, yaitu adanya penumpukkan kolesterol pada kelopak mata. Berikut ini beberapa makanan yang menjadi pemicu tingginya kolesterol darah.
Tanda kolesterol tinggi yang dapat mengakibatkan radang pankreas dan pembesaran hati atau limpa sehingga menimbulkan nyeri perut. Hiperkolesterolemia yang disebabkan oleh faktor keturunan, terdapat riwayat penyempitan pembuluh darah dalam keluarga atau adanya nyeri dada (angina) yang kemungkinan merupakan gejala dari penyakit jantung koroner.

Penyebab utama dari tanda kolesterol tinggi adalah kebiasaan makan yang kurang baik. Misalnya, bila makanan mengandung terlalu banyak lemak (jenuh) serta protein dan terlalu sedikit serat gizi. Makanan orang Jepang misalnya, mengandung lebih banyak minyak tak jenuh (dalam ikan) dan jauh lebih sedikit lemak jenuh serta protein. Kenyataannya adalah bahwa kadar kolesterolnya rata-rata lebih rendag daripa orang Eropa Barat sedangkan PJP jarang sekali terjadi.
Kolesterol dalam makanan semula dianggap sangat penting, tetapi sejak beberapa tahun ternyata bahwa efek terhadap peningkatan kolesterol darah hanya dibandungkan denga efek lemak jenug, hanya +/- 20%. Pengaruh ringan dari pantang makan kolesterol disebabkan bagian terbesar dari kolesterol darah (+/-) berasal dari sintesis di hati. Bagaimana cara lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol secara ilmiah belum dapat dijelaskan, kemungkinan lemak jenuh memperbesar penyerapan kembali kolesterol yang dikeluarkan dengan empedu. Berdasarkan pengetahuan ini ahli-ahli gizi kini telah melunakkan nasihatnya mengenai pembatasan makan telur dan makanan lain yang menghandung kolesterol.

Penyakit Kolesterol Dalam Darah
Kata “kolesterol” mungkin tidak lagi asing di telinga Anda. Bahkan, kata ini menjadi momok kebanyakan orang karena terbayang penyakit seram yang mengikutinya.
Kolesterol merupakan salah satu komponen lemah yang ada dalam tubuh. Senyawa ini sering dikaitkan dengan pola makan tinggi lemak. Sebenarnya jika ditelaah lebih lanjut, kolesterol merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh. Berikut ini sejumlah manfaat kolesterol.
- Penyumbang energi yang lebih tinggi daripada protein
- Pembungkus jaringan saraf
- Pelapis selaput sel
- Bahan dasar pembentukan hormon-hormon streoid
- Pembuat garam empedu yang penting untuk mencerna lemak
- Pelarut vitamin A, D, E dan K
- Berperan dalam membantu perkembangan jaringan otak anak
















Namun, kolesterol berubah menjadi “jahat” jika kadarnya dalam tubuh melebihi batas normal. Kelebihan kolesterol akan disimpan dan menempel di dinding pembuluh darah hingga menimbulkan pengapuran (arteriosklerosis). Ia bagaikan karat yang kian menebal dalam alur pipa.
Kolesterol melekat lapis demi lapis, perlahan-lahan tanpa disadari penderitanya. Akibatnya, aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi tidak lancar. Oksigen yang dibawa darah untuk mensuplai jantung dan otak otomatis menjadi lebih sedikit. Ada ketidakseimbangan antara oksigen supply dan oksigen demand. Inilah cikal-bakal terjadinya penyakit jantung koroner.




Cara Kerja Kolesterol
Kolesterol membantu mengangkut lemak yang sudah di olah dari hati ke seluruh tubuh. Pembuluh darah bertindak sebagai jalan rayanya. Setelah menjalankan fungsi ini, kolesterol kembali ke hati dan mengilang lagi proses tadi.
Setelah ditelan, lemak atau makanan masuk ke lambung kemudian  ke usus halus untuk dicerna dan diserap. Setelah itu, sari-sari makanan dikirim ke hati  unutk di proses dan dikirimkan ke seluruh tubuh. Hati membuat lemak pada VLDL. VLDL ini kemudian berjalan melalui pembuluh-pembuluh darah, membongkar muatannya (lemak)di seluruh tubuh. VLDL yang kosong kemudian menjadi LDL.



































Beberapa potongan LDL dapat tersangkut sepanjang dinding pembuluh darah dan dengan demikian mempersempit pembuluh darah. Peran HDL adalah melepaskan LDL yang tersangkut di dinding-dinding pembuluh darah dan mengirimkannnya kembali ke hati. Potongan LDL itu kemudian di daur ulang menjadi VLDL baru atau dihancurkan dan dibuang VLDL yang baru akan memulai kembali proses pengiriman.
Ketika seseorang mengonsumsi lemak secara berlebihan, lebih banyak potongan LDL yang tersangkut di sepanjang dinding pembuluh darah, jika tidak ada cukup HDL untuk melepaskannya. Pembuluh darah kemudian tersumbat, menyebabkan jantung memiliki lebih banyak kolesterol HDL dan lebih sedikit kolesterol LDL di dalam tubuh.

Fungsi Kolesterol

Banyak orang yang menyamaratakan semua kolesterol sebagai “jahat”. Padahal, ada juga kolesterol “baik”. Selain itu dalam jumlah tertentu kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, antara lain untuk mensintetis protein dan lemak. Dengan demikian, kolesterol tetap dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan metabolisme dan keberadaan organ-organ tubuh.
Kolesterol adalah lemak yang berguna sebagai bahan penyusun hormon dan bahan membran atau dinding sel dalam tubuh. Dengan kata lain kolesterol merupakan salah satu komponen lemak yang terdapat dalam makanan dan tubuh. Sebagiaan besar kolesterol 80 % dibentuk di organ hati dan sisanya didapat dari berbagai jenis sumber makanan dan minuman.

 Gambar pembuluh darah atau arteri pada penderita kolesterol

Menurut penuturan Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, SpGK, salah satu dokter dari RS. Gading Pluit, beliau menuturkan bahwa kolesterol merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih. Secara alami kolesterol sudah ada dalam tubuh kita. Kolesterol didalam tubuh kita diproduksi di hati atau di usus (2/3 nya), sedangkan 1/3 nya didapat dari makanan. Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon. Kolesterol juga merupakan komponen penting dalam pembentukan asam empedu, hormon steroid dan vitamin D.
Ada beberapa jenis kolesterol, yakni :
- Kolesterol kilomikron
- Very low density lipoprotein (VLDL)
- Low density lipoprotein (LDL)
- High density lipoprotein (HDL)
- Kolesterol total
- dan Trigliserida
Menurut Asih Setiarini, SKM, beliau adalah seorang staf pengajar pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Univ. Indonesia. Beliau mengatakan, masyakarat umum mengenal LDL sebagai kolesterol buruk dan HDL sebagai kolesterol baik. Karena HDL berfungsi sebagai penmbersih kelebihan dari kolesterol pada dindidng pembuluh dengan mengangkutnya kembali ke hati. Batas ambang yang baik adalah lebih dari 50 mg/dl
Sedangkan LDL atau kolesterol jahat adalah kolesterol yang dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Batas ambang yang baik adalah kurang dari 100 mg/dl. Nilai normal kadar kolesterol total adalah dibawah 200 mg/dl, dan trigliserida dibawah 150 mg/dl.
Berikut ini uraian kadar koleseterol dalam darah manusia, yakni :

1. Kurang dari 200mg/dl = tingkat kolesterol yang sangat baik. Apabila kadar LDL, HDL, dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl, maka kita tidak beresiko untuk terkena penyakit jantung. Walaupun demikian, sebaiknya kita tetap makan yang tidak terlalu berlemak, rajin berolaharga dan menghindari rokok. Pastikan kita memeriksa kadar kolesterol kita paling tidak ssetiap 5 tahun sekali atau menurut rekomendasi dokter.
2. 200-239 mg/dl = tingkat kolesterol yang cukup. Jika total kolesterol adalah sekitar 200-239 mg/dl, maka biasanya dokter akan memeriksa kadar LDL, HDL, dan triglyceride.
3. Lebih dari 240 mg/dl = tingkat kolesterol yang beresiko tinggi. Orang yang mempunyai total kolesterol diatas 240 mg/dl beresiko 2 kali lebih besar terkena serangan jantung.
4. Kadar HDL. Makin tinggi kadar HDL, semakin kecil resiko terkena penyakit jantung. Kadar HDL yang normal untuk pria berkisar antara 40-50 gr/dL, wanita antara 20-60 mg/dL.
5. Kadar LDL. Sebaliknya, semakin sedikit kadar DL dalam darah, maka semakin kecil resiko terkena penyakit jantung.  
Pada umumnya, kadar LDL dalam kategori sebagai berikut :
a. < 100 mg/dL = sangat baik
b. 100-129 mg/dL = diatas rata-rata
c. 130-159 mg/dL = cukup
d. 160-189 mg/dL = buruk (resiko tinggi)
e. > 190 mg/dL = sangat buruk (resiko sangat tinggi).
6. Kadar Trigliserida. Ini adalah sejenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah, misalnya kegemukan, konsumsi alkohol, gula dan makanan berlemak.
a. < 150 mg/dL = baik
b. 150-199 mg/dL = cukup
c. 200-499 mg/dL = tinggi
d. 500 mg/dL = sangat tinggi

Obat Alami Untuk Kolestrol Gold Krill Oil

                 
 SUMBER OMEGA 3 ALAMI TERBAIK DI DUNIA

GKO Krill Oil adalah ekstrak dari jenis udang laut es dalam Antartika (Kutub  Selatan) bernama Krill.
Sumber alami di mana Krill merupakan jaminan kualitas produk yang bebas dari pencemaran racun, pestisida, merkuri dan logam berat lainnya
Krill Oil kaya akan kandungan asam lemak essensial tak jenuh Omega – 3, terutama EPA (Eicosapentaenoic) dan DHA (Docosahexaenoic), disamping kandungan penting lainnya yaitu Astaxanthin antioksidan paling utama saat ini, vitamin A, vitamin E, vitamin B4 (Choline) dan Bioflavonoid.

DHA memiliki peranan penting dalam fungsi retina dan mata.
DHA adalah komponen penting dari memberan sel otak yang sangat berperan untuk meningkatkan daya ingat (memory) dan sangat bermanfaat dalam mendukung aktivitas serta keseimbangan mental.

EPA berperan penting untuk menjaga keseimbangan kadar triglyceride dan kolesterol. Keberadaan EPA sangat diperlukan dalam mengatur fungsi jantung dan EPA juga mendorong perkembangan fungsi anti peradangan dan anti infeksi secara alami pada seluruh sel tubuh.

Astaxathin mampu mengurangi rasa  lelah letih, mengatasi tubuh lemah tak bertenaga serta meningkatkan konsentrasi dan memberikan suasana hati yang nyaman serta rasa tenang.
Krill Oil 3x lebih kuat dibandingkan fish oil biasa untuk manfaat kesehatan secara optimal
Beberapa penelitian para ahli telah membuktikan bahwa Omega 3 Phospholipid lebih efektif dan lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan Omega 3 Triglyceride. Phospholipid menyerap lebih cepat dan lebih mudah kedalam organ tubuh sehingga dapat tersimpan pada sel dalam jumlah lebih banyak.
Krill Oil tetap segar dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan fish Oil sehingga memperkecil resiko kerusakan serta berkurangnya kualitas. Hal ini disebabkan karena Omega 3 dalam krill oil berada dalam bentuk phospholipid dan memiliki antioksidan super astaxanthin yang cenderung lebih lama teroksidasi di bandingkan Fish Oil. Krill Oil merupakan minyak alami dari laut sehingga selalu stabil dalam jangka waktu relative panjang.
Krill Oil adalah salah satu suplemen alami dengan kandungan antioksidan super astaxanthin. Astaxanthin adalah antioksidan alami penting yang tidak terdapat secara alami pada Fish Oil manapun. Astaxanthin berperan penting dalam menjaga system daya tahan tubuh, menlindungi sel dari penuaan dini dan mencegah penurunan fungsi organ tubuh. Astaxanthin mampu menghancurkan penggumpalan dalam darah dan otak sehingga dapat melindungi sel otak dari kepikunan. Intinya, astaxanthin merpakan antioksidan super penting yang memberikan manfaat positif untuk system saraf.
GKO Krill Oil adalah asam lemak tak jenuh Omega 3 dalam bentuk phospholipid yang dihasilkan dari Krill Antartika (Kutub Selatan) (Euphausia superba). GKO Krill Oil adalah sumber asam lemak tak jenuh omega 3 yang mudah dicerna, DHA, EPA dan antioksidan super astaxanthin yang sangat penting untuk kesehaan tubuh secara keseluruhan.
Data klinis menunjukan GKO Krill Oil memiliki berbagai manfaat dan kemampuan untuk memperbaiki.

7 Manfaat Krill Oil
 
♦ Anti-inflamasi
Krill oil diminum secara teratur dapat mengurangi dan meringankan nyeri sendi, bengkak, arthritis inflamasi dan osteoporosis. Karena tubuh yang rendah omega 3 tingkat, peradangan dan penyakit lainnya secara langsung.

♦ Fungsi terhadap otak
Kolin dan asam lemak omega benar-benar meningkatkan fungsi otak normal dan meningkatkan kognitif, memori dan perilaku.

♦ Regulasi kolesterol
Krill oil mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat sebesar 34%. Atau, meningkatkan kolesterol baik oleh 43,5%, 10 kali lebih baik daripada minyak ikan.

♦ Baik untuk kulit
Kecuali meningkatkan tampilan dan nuansa dari kulit Anda, minyak krill mengurangi wabah jerawat, mengurangi gejala psoriasis dan hanya membuat kulit lebih lembut dan lebih terhidrasi.
♦ Kesehatan Mental
Jumlah yang tepat minyak krill membantu orang yang menderita perubahan suasana hati, depresi, gangguan mental dan stres.
♦ Mengurangi gejala PMS
Ini adalah kurangnya Omega 3 asam dalam tubuh yang menyebabkan gejala PMS yang parah pada wanita. Penelitian telah menemukan bahwa suplemen minyak krill efektif dalam mengurangi baik masalah fisik dan emosional.

♦ Melawan tanda-tanda penuaan
Antioksidan dari krill minyak untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi keriput, menguatkan kuku dan membuat rambut lebih tebal. 

Gold Krill Oil sangat bermanfaat untuk:
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan triglyceride
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik
  • Menjaga tekanan darah normal
  • Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan menyelesaikan masalah
  • Meningkatkan daya ingat dan kosentrasi
  • Memperbaiki  suasana hati dan memberikan rasa tenang
  • Meringankan gejala PreMenstruasi (PMS)
  • Menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangan kadar gula darah
  • Menjaga kesehatan sistem saraf, sistem hormon dan sistem daya tahan tubuh
  • Menjaga fungsi kelenjar prostate
  • Menjaga kesehatan sendi
  • Meringankan dan mencegah peradangan dan rasa sakit
  • Membantu fungsi pengelihatan dan melembabkan mata yang kering (fungsi kelenjar air mata)
  • Memberikan kulit yang sehat dan awet muda
  • Meringankan sakit kepala migran.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KOLESTEROL
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ginsengflower.blogspot.com/2013/04/kolesterol.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Ricky Pratama's Blog support EvaFashionStore.Com - Original design by Bamz | Copyright of Healthy Shop.